Sekolah Progressif BUMI SHALAWAT Sidoarjo

THE INTERNATIONAL ISLAMIC BOARDING SCHOOL

Sekolah Progresif Bumi Shalawat merupakan pendidikan Islam Integrative. Program pendidikan dijalankan untuk memberi setiap siswa kesempatan untuk menjadi yang terbaik dalam semua aspek kehidupannya. Program pendidikan Progresif Bumi Shalawat terdiri dari elemen-elemen yang mewakili aspek pengembangan, dimana setiap siswa dipupuk untuk mengembangkan diri mereka menjadi seorang individu yang utuh dan seimbang, siap untuk menghadapi berbagai tantangan di kehidupan mereka di masa mendatang. Elemen sistem pendidikan Sekolah Progresif Bumi Shalawat adalah :

  • Memadukan ilmu dan spiritualitas (Blending Science and Spirituality)
  • Meningkatkan kesadaran beragama (Intensifying Religious Awareness)
  • Mengoptimalkan potensi (Optimizing Potential)
  • Merangsang keunggulan akademis (Stimulating Academic Excellence)
  • Memperhatikan lingkungan dan masyarakat (Caring Environment and Society)

Metode pengajaran

Variasi metode pengajaran yang dikembangkan Sekolah Progresif Bumi Shalawat :

  1. Kajian teks keagamaan
  2. Praktek laboratorium
  3. Diskusi
  4. Penyelidikan masyarakat
  5. Pembelajaran berbasis masalah
  6. Presentasi kelompok
  7. Pembelajaran keahlian

Program Boarding

  • Long life education
  • Penanaman nilai-nilai islam
  • Penanaman akhlaqul karimah
  • Monitoring siswa 24 jam
  • Interactive Arabic
  • Intensive English
  • Kunjungan orang tua
  • Pendidikan teknologi dasar (PTD)
  • Ekstrakurikuler

Pengembangan Sekolah Progresif Bumi Shalawat sebagai sekolah unggulan didasarkan pada konsep-konsep dasar, yaitu :

  1. Menyalurkan bakat dan kemampuan peserta didik yang memiliki kelebihan kecerdasan di atas rata-rata
  2. Mengembangkan kerja sama antara semua pihak yang berhubungan dengan sekolah melalui motto, “Berkembang Bersama”
  3. Menyediakan wadah yang konkrit dalam merealisasikan komitmen sekolah dalam menyediakan pendidikan yang menyeluruh dan personal untuk para siswa
  4. Menyelenggarakan program pendidikan sekolah berasrama (Boarding School) yang memadukan antara kurikulum Depdiknas dan penanaman pandangan hidup Islami (Islamic Worldview)

 

KENYAMANAN DI ISTANA PROGRESIF

Pondok Pesantren Progresif Bumi Shalawat adalah salah satu pondok modern yang berlokasi di Jl. Kiai Dasuki No. 1 Lebo-Sidoarjo. Pondok ini bertaraf International yang bilingual. Disini diterapkan bahasa Arab dan Inggris dalam kesehariannya walaupun sedikit demi sedikit kami semua dibiasakan untuk menggunakan bilingual. Penerapan bilingual atau dua bahasa itu diterapkan di Sekolah dan Asrama. Di Sekolah, kami memiliki English Day pada hari Senin sampai Rabu dan Arabic Day pada hari Kamis sampai Jumat. Keduanya itu sudah mulai diterapkan walau masih sedikit demi sedikit, karena sekolah kami masih baru berdiri sekitar kurang lebih 3 tahun. Tetapi, dengan adanya kemauan dari para santri dan usaha para guru maka proses yang seperti itu sudah dapat dianggap sangat baik karena di sekolah yang baru ini, sekolah kami sudah bisa meraih juara-juara di bidang Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Terutama dalam bidang pidato, sekolah ini sudah beberapa kali meraih juara baik tingkat kabupaten Sidoarjo, se-Jawa Timur, dan lain sebagainya.

Pada awal tahun 2014, sekolah kami mendapat keberhasilan dan kejuaraan yang membanjir yakni dalam bidang silat. Sekolah kami meraih berbagai jenis tingkatan kejuaraan silat, bahkan juara umum dan bergilir pun diboyong Progresif semua. Setelah kemenangan ini, koleksi piala Progresif semakin banyak dan menjadi kebanggan tersendiri bagi Kiai Agoes Ali Mashuri. Selain itu, nama Progresif semakin mendunia karena salah seorang santri Progresif meraih medali Perunggu di Singapore dalam lomba Olimpiade Matematika yang diadakan oleh KMNR. Setelah itu, Alhamdulillah nama Progresif semakin harum dengan juara-juara yang diraih oleh para santri-santri Progresif yang insyaallah dimuliakan oleh Allah.

Fasilitas di Progresif sangatlah modern, layaknya di rumah sendiri. Dalam satu kamar maksimal berisi 20 orang, tidur di atas ranjang susun, ada 2 kamar mandi, ada lemari baju dan buku untuk setiap anak, dan ada kipas angin di dalamnya. Di kelas terdapat berbagai fasilitas seperti sekolah-sekolah bertaraf Internasional lainnya, seperti full AC, kursi dan meja yang nyaman bagi siswa, LCD dan proyektor, serta suasana kelas yang tidak terlalu banyak penghuni dan nyaman sekali.

Fasilitas-fasilitas yang seperti itulah yang membuat nyaman para siswa. Kami tenang dalam pelajaran. Di pesantren ini, kami hanya dituntut untuk belajar, kami dibebaskan dari aktivitas-aktivitas yang biasa dilakukan oleh kebanyakan pondok. Disini, baju kami di-laundry, makan 3 kali sehari dan makanannya telah disediakan dengan beragam lauk serta tambahan susu di pagi hari. Namun, dengan begitu bukan berarti kami hanya tidur-makan-belajar saja. Tapi, kebersihan kamar menjadi tanggung jawab santri, karena itu berhubungan dengan kesehatan para santri. Kamar yang selalu dijaga kebersihannya, insyaallah penghuninya betah, nyaman, sehat, dan makhluk halus tidak akan datang karena malu pada kebersihan kamar.

Kegiatan-kegiatan di pesantren ini tidak terlalu padat, karena kami diberi waktu istirahat yang sangat cukup. Kami bangun jam 03.00 untuk melaksanakan sholat tahajjud, sambil menunggu waktu shubuh para santri terkadang mengisi waktunya dengan berdzikir, belajar, membaca dan menghafalkan Al-Quran, serta ada pula yang mandi. Setelah melaksanakan sholat shubuh berjamaah di masjid, kami menghafalkan Al-Quran yang dibimbing oleh para ustad/ustadzah. Setelah itu, kami sarapan dan menyiapkan diri untuk berseragam dan berangkat ke sekolah. Jam 06.30, kami melaksanakan sholat dhuha, kemudian kami berangkat ke sekolah. Di sekolah kami melangsungkan pelajaran hingga pukul 13.00. Setelah itu kami sholat dhuhur, makan siang, lalu tidur. Dan kami melaksanakan sholat ashar pukul 15.15, kemudian berangkat ke sekolah sesuai jurusan bahasa/tahfidh. Kegiatan itu berlangsung sampai jam 17.00. Setelah itu, kami santai sambil menunggu waktu maghrib dan bergegas sholat lalu murajaah dan makan malam. Setelah sholat isya’, kami berangkat ke sekolah untuk melaksanakan sekolah diniyah sampai pukul 21.00. Sesampai di asrama, kami diwajibkan untuk belajar sampai pukul 22.00. Setiap santri memiliki aktivitas yang berbeda setelah jam belajar dan wajib masuk kamar itu. Berbagai macam aktivitas yang dilakukan santri, baik mengaji, berdzikir, dan adapula yang tidur. Dan kami bangun pada pukul 03.00.

Itulah segala kenyamanan yang kami rasakan di Istana Progresif ini. Semoga kami selalu diberi kebahagiaan dan kesuksesan di dunia dana akhirat. Amien…. (Kontributor : Fatimatus Sholihah Marush and Jehane Lutfiah Anwar – SMA PROGRESIF)

Lebih lengkap di http://sekolahprogresif.sch.id

Front Office of SMA Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo

Jl. Kiai Dasuki No. 1, Lebo, Sidoarjo.


 

Buku Brilly Kutunggu di Telaga IMG_20150212_153003 Mock Up Golden Manners

Dapatkan ketiga buku inspirasi akhlaq mulia ini di kantor QUFICORP. di jl. Hayam Wuruk No. 1, Sukodadi, Lamongan, Jawa Timur.

Quantum Fiqih Network 2014

 

http://www.4shared.com/web/embed/audio/file/xhxcQ32Rce?type=NORMAL&widgetWidth=530&showArtwork=true&playlistHeight=0&widgetRid=47861234176

Tinggalkan komentar